Thursday 8 November 2018

STUDI KASUS PROYEK PEMBANGUNAN


STUDI KASUS PROYEK PEMBANGUNAN JEMBATAN SURAMADU
Disusun Oleh:
Aan Nopianto
( 10316003 )
KATA PENGANTAR

Indonesia sebagai sebuah negara berkembang terus memacu pertumbuhan ekonominya agar semakin dapat menyejahterakan rakyatnya di masa ini maupun di masa yang akan datang. Usaha untuk terus bertumbuh salah satunya adalah dengan proyek-proyek pemerintah yang dapat menunjang kegiatan perekonomian di negara ini. Namun proyek-proyek pemerintah tersebut bukannya tanpa kesulitan, karena terdapat kesulitan dalam pelaksanaannya baik dalam hal manfaat sebagai alat ukur yang efektif bagi perbaikan taraf hidup masyarakat, maupun dalam pencapaiannya (Anwar, 2011:7).

Pembangunan di Indonesia seharusnya dilakukan dalam rangka meningkatkan kemampuan masyarakat agar mampu menolong diri sendiri, yang dapat dilakukan dengan memberdayakan dan menempatkan masyarakat sebagai pelaku pembangunan itu sendiri. Selain itu, pembangunan hasruslah berwawasan kearifan lokal sebagai salah satu usaha dalam menguatkan potensi lokal yang dimiliki sekaligus untuk menguatkan daya saing. Produk dengan dasar kearifan lokal akan mempunyai ciri khas atau trademark yang menjadikan produk tersebut lain daripada yang lain...



Pembangunan nasional diharapkan dapat kemanfaatan riil yang dapat dinikmati oleh seluruh warga negara dalam jangka panjang, sehingga diperlukan sebuah usaha analisis dan evaluasi yang cermat dan komperhensif terhadap suatu rencana pembangunan, agar pembangunan tidak memboroskan sumber daya yang dapat merugikan negara dan masyarakat. Berbagai informasi dalam evaluasi dikumpulkan untuk menentukan apakah proyek akan berjalan sesuai dengan rencana, dan apakah suatu proyek sesuai dengan tujuan program serta apkaah proyek sesuai dengan waktu yang ditentukan. Evaluasi proyek diharapkan dapat memberikan informasi untuk mengembangkan proyek yang meliputi pembangunan dan pelaksanaannya. 

Setiap proyek memiliki karakteristik masing-masing, sehingga diperlukan pendekatan yang berbeda pula dalam menilai dan mengukur nilai ekonomi suatu proyek. Terdapat beberapa masalah terkait dengan penerapan evaluasi di berbagai sektor, misalnya masalah terkait data, kesulitan menetapkan shadow price, dan kesulitan dalam menerapkan ketidakpastian dan resiko proyek. Terdapat perbedaan di proyek berbagai sektor, antara lain terkait penilaian cost, benefit, eksternalitas, dan pertimbangan sosial ekonomi.

Di dalam proyek transportasi, terdapat perbedaan antara di negara maju dan di negara berkembang. Pertama, shadow price jarang digunakan di negara maju dikarenakan pasar yang berjalan mendekati sempurna dibandingkan dengan negara berkembang. Kedua, tujuan utama pembangunan transportasi di negara maju adalah untuk menghemat waktu dan menurunkan angka kecelakaan, sedangkan di negara berkembang untuk menurunkan biaya operasi transportasi. Ketiga, negara berkembang lebih memperhatikan produksi yang tangible seperti makanan dan perumahan dibandingkan pembangunan kualitas lingkungan. 

Pendekatan yang sering digunakan dalam proyek transportasi adalah dengan menilai manfaat proyek dari adanya penghematan biaya karena adanya perbaikan infrastruktur. Sebagai contoh, dengan adanya pembangunan jalan tol akan mengurangi biaya bahan bakar karena tidak akan terjadi macet, membuat ban kendaraan lebih tahan lama, mengurangi angka kecelakaan, dan sebagainya. Ini adalah suatu hal yang penting sebagai dasar dalam menghitung manfaat proyek hanya dari sisi penghematan biaya karena jika tidak ada perbaikan jalan, maka akan lebih banyak biaya yang harus dikeluarkan oleh pengguna jalan. 

Dalam contoh kasus pembangunan jalan tol, idealnya dalam menilai manfaat adalah dengan konsep with and without project, yaitu membandingkan perbedaan antara manfaat yang diakibatkan oleh tidak adanya kemacetan yang terjadi dengan adanya proyek, dengan kemacetan dengan tidak adanya proyek tersebut. Penghematan uang dijadikan ukuran manfaat proyek. Melakukan evaluasi terhadap kemacetan membutuhkan tambahan estimasi mengenai nilai tambahan biaya akibat kemacetan itu sendiri. Misalnya bertambahnya konsumsi bahan bakar dan bertambahnya waktu. Sedangkan manfaat tidak langsung pembangunan jalan tol adalah tumbuhnya industri di sekitar jalan tol.

B. Aspek-Aspek dalam Analisis Proyek Pemerintah

Proyek-proyek yang dibangun oleh pemerintah bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sehingga perlu memperhatikan aspek yang dianalisis sehingga pembangunan dapat memenuhi harapan luas dari seluruh komponen masyarakat.

Aspek Teknis
Analisis teknis akan menjelaskan mengenai batasan dalam menentukan berbagai model, asusmsi, dan data berupa angka dan informasi yang diperlukan. Intinya, analisis aspek teknis harus memuat penjelasan teknis mulai dari tahap pra konstruksi, konstruksi, sampai dengan pelaksanaan proyek. Selain itu pada tahap ini juga mengurusi masalah perizinan, pelelangan, pembebasan lahan, penjajagan pendanaan, dan lain-lain. Data yang dibutuhkan dalam analisis aspek teknis beragam tergantung pada jenis proyeknya, namun dalam beberapa proyek, data yang dibutuhkan antara lain data topografi, keadaan tanah, keadaan lokasi, transportasi menuju lokasi, dan keadaan penduduk sekitar. 

1. Aspek Lingkungan
Proyek pemerintah yang dibangun harus ramah lingkungan dan tidak mengurangi kualitas lingkungan itu sendiri. Menurut Pasal 16 Undang-undang Nomor 4 Tahun 1982 mengenai Ketentuan-Ketentuan Pokok Pengelolaan Lingkungan Hidup menyatakan bahwa setiap rencana kegiatan yang diperkirakan akan mempunyai dampak penting terhadap lingkungan wajib dilengkapi analisis mengenai dampak lingkungan (AMDAL).

2. Aspek Organisasi dan Manajemen
Dalam pelaksanaan proyek perlu diperhatikan mengenai penanganan dalam sebuah organisasi yang sistematis dan terstruktur sesuai dengan kegiatan proyek. Dalam aspek ini harus membahas keterkaitan dan keterlibatan lembaga-lembaga yang terkait dengan proyek, misalnya perbankan atau lembaga masyarakat. Aspek kelembagaan merupakan sarana prasarana proyek yang sangat diperlukan untuk mendukung aspek manajemen melaksanakan kegiatannya.

Hubungan baik dengan lembaga masyarakat dan dengan masyarakat itu sendiri akan memberikan dampak positif terhadap proyek. Keterlibatan masyarakat sekitar juga tidak boleh dilupakan. Masyarakat di sekitar proyek dapat menjadi penghambat maupaun menjadi pendukung jalannya proyek., tergantung dari pendektan dan perlakuan terhadap mereka.

3. Aspek Ekonomi
Dalam aspek ini dibahas mengenai sumbangan proyek bagi perekonomian dan masyarakat secara keseluruhan. Penggunaan sumber daya oleh suatu proyek ada pengorbanannya (opportunity cost). Oleh karena itu manfaat yang dihasilkan oleh proyek harus lebih besar dari pengorbanannya sehingga memberikan kemanfaatan bagi masyarakat dan perekonomian.

4. Aspek Sosial
Adanya suatu proyek dapat memberikan dampak kepada masyarakat, naik negatif maupun positif. Unsur-unsur dalam masyarakat yang dapat terpengaruh dengan adanya proyek antara lain:
1. Jumlah penduduk, komposisi usia, dan jenis kelamin
2. Pendapatan masyarakat dan distribusinya
3. Nilai-nilai dalam masyarakat
4. Tingkat pendidikan dan kesehatan masyarakat
5. Persepsi masyarakat dam melihat tatacara kehidupan
6. Pola konsumsi masyarakat


Keberadaan suatu proyek diharapkan dapat memberikan manfaat baik secara langsung maupun tidak kepada masyarakat sekitar, misalnya:

1. Penciptaan lapangan kerja
2. Peningkatan Pendapatan Masyarakat
3. Perubahan sosial terhadap nilai-nilai baru
4. Perubahan taraf hidup seperti pendidikan dan kesehatan
5. Perbaikan distribusi pendapatan

5. Aspek Komersial
Aspek komersial juga harus diperhatikan oleh proyek-proyek pemerintah, antara lain dengan melihat pasar untuk input dan output proyek, harganya, dan sebagainya. Faktor-faktor ini dapat memengaruhi keberhasilan atau kegagalan suatu proyek. Beberapa faktor penting yang perlu dianalisis yang termasuk aspek komersial proyek, antara lain:

1. Permintaan (demand), yaitu siapa yang akan menggunakan hasil dari proyek yang dibangun, berapa jumlah konsumennya, apakah konsumen merupakan konsumen akhir yang menggunakan produk sebagai pemenuhan kebutuhan konsumsi, atau konsumennya merupakan industri yang menggunakan produk sebagai input untuk produksi lebih lanjut.
2. Penawaran (supply), siapa saja supplier komoditi yang dibutuhkan proyek, bagaimana kelangsungannya, kualitasnya, apakah merupakan supllier yang terbaik dan termurah?
3. Struktur pasarnya, keadaan persaingan di pasar, akan sangat penting dalam mengambil posisi di pasar serta dalam membuat kebijakan terkait harga, jumlah produksi, dan sebagainya.

C.  Manfaat Proyek Pembangunan Pemerintah

Proyek yang dilaksanakan oleh pemerintah bertujuan untuk menyejahterakan masyarakat, yang bukan hanya yang dapat diukur secara fisik namun juga yang tidak langsung. Kesejahteraan masyarakat akan meningkat jika ada kenaikan nilai produk suatu barang dan jasa yang dihasilkan dari proyek atau kegiatan yang dapat meningkatkan terpenuhinya kebutuhan masyarakat baik secara fisik maupun non fisik. Manfaat dari proyek pembangunan pemerintah yaitu:

1. Manfaat Langsung (Direct Benefit)
Manfaat langsung proyek timbul karena adanya kenaikan nilai output proyek atau menurunnya biaya yang disebabkan oleh:
a. Kenaikan dalam nilai produk fisik
Proyek yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat adalah proyek yang mampu menghasilkan tambahan output barang atau jasa secara nyata, karena kenaikan produk secara fisik tersebut dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.
b. Perbaikan kualitas produk
Ada kalanya proyek yang dibangun tidak untuk menghasilkan produk secara fisik, namun untuk meningkatkan kualitas suatu barang atau jasa. Dengan peningkatan kualitas tersebut membuat kesejahteraan masyarakat menjadi meningkat.
c. Perubahan lokasi, waktu penjualan, dan perubahan bentuk
Nilai suatu barang dapatnaik karena perbedaan tempat, perbedaan waktu penjualan, atau perbedaan bentuk. 
d. Manfaat proyek dapat dilihat dari penghematan biaya yang diakibatkan karena pemanfaatan teknologi informasi dan pembaharuan alat pengangkutan.

2. Manfaat Tidak Langsung (Indirect Benefit)
Manfaat ini timbul karena adanya suatu proyek, namun timbul di luar proyek tersebut. Manfaat ini harus tetap diperhitungkan sebagai salah satu manfaat adanya proyek.
a. Induced Multiplier Effect yaitu manfaat yang diperoleh dari kegiatan-kegiatan yang timbul sebagai akibat dibangunnya suatu proyek.
b. Manfaat yang timbul karena adanya Economoies of scale, adanya proyek membuat adanya   
   peningkatan efisiensi penggunaan sumber daya sebagai akibat skala usaha yang lebih besar, sehingga harga menjadi lebih murah dan daya beli masyarakat akan meningkat.
c. Manfaat yang timbul karena adanya perbaikan mutu tenaga kerja (dynamic secondary effect). Proyek besar menggunakan teknologi tertentu yang membutuhkan tenaga kerja khusus. Untuk memenuhi hal tersebut, maka tenaga kerja akan ditingkatkan kemampuannya melalui pelatihan-pelatihan, sehingga selain skill tenaga kerja akan meningkat, akan terjadi transfer teknologi dari proyek kepada masyarakat.

3. Manfaat yang Sulit Diukur (Intangible effect)
    Tidak semua manfaat yang dihasilkan suatu proyek dapat diukur, ada manfaat yang tidak dapat diukur dengan uang, tetapi dapat diidentifikasi, misalnya:
       a. Perbaikan lingkungan hidup
       b. Perbaikan distribusi pendapatan
       c. Perbaikan keamanan
Manfaat proyek yang sulir diukur ini tetap harus dipertimbangkan dan harus disebutkan dalam usulan.

4. Consumer Surplus
Consumer surplus timbul jika output proyek menyebabkan turunnya harga output. Rendahnya harga menyebabkan konsumen dapat menghemat biaya dari perbedaan antara kemampuan dan kemauan untuk membayar dengan apa yang benar-benar mereka bayarkan. Consumer surplus juga dapat terjadi akibat pengaturan harga oleh pemerintah sehingga harga yang terjadi lebih rendah dari harga semestinya. 


D.  Studi Kasus Proyek Pembangunan Pemerintah Jembatan Suramadu

1.  Latar Belakang Proyek Jembatan Suramadu
Peningkatan infrastruktur akan mendorong pertumbuhan ekonomi. Infrastruktur juga berpengaruh penting bagi peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan manusia, antara lain dalam peningkatan nilai konsumsi, peningkatan produktivitas tenaga kerja dan akses kepada lapangan kerja, serta peningkatan kemakmuran nyata dan terwujudnya stabilisasi makro ekonomi, yaitu keberlanjutan fiskal, berkembangnya pasar kredit, dan pengaruhnya terhadap pasar tenaga kerja. The World Bank (1994) 
Mengapa Infrastruktur dibutuhkan? Kembali ke konsep dan definisi dasar Infrastruktur. Menurut Grigg 1988 definisi infrastruktur adalah :

a. Infrastruktur merupakan sistem fisik yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia dalam lingkup sosial dan ekonomi
b. Infrastruktur merupakan pendukung utama fungsi-fungsi sistem sosial dan ekonomi dalam kehidupan sehari-hari masyarakat
b. Infrastruktur berfungsi sebagai mediator antara sistem ekonomi dan sosial dalam tatanan kehidupan manusia dengan lingkungan (alam)

Infrastruktur yang kurang atau tidak berfungsi akan memberikan dampak yang besar bagi manusia. Sebaliknya infrastruktur yang terlalu berlebihan untuk kepentingan manusia tanpa memperhatikan kapasitas daya dukung lingkungan akan merusak lingkungan tersebut dan pada hakekatnya juga akan merugikan manusia dan makhluk hidup lainnya (sebagai bagian dari ekosistem). Infrastruktur harus dimengerti dan dipahami fungsinya sebagai suatu alat untuk menata kehidupan manusia dengan memperhatikan alam.

Oleh karena pertumbuhan ekonomi menjadi kunci penting dalam perkembangan sebuah wilayah, maka diperlukan suatu infrastruktur untuk melakukan pemerataan pertumbuhan ekonomi tersebut. Provinsi Jawa Timur sebagai salah satu provinsi pintu gerbang Indonesia Timur memegang peranan penting dalam pertumbuhan industri, perdagangan, dan ekonomi di wilayah Indonesia Timur. Oleh karena itu, jalur transportasi menjadi bagian penting dalam perkembangan roda industri dan roda perekonomian.

Sementara itu, Pulau Madura yang menjadi bagian dari provinsi Jawa Timur, mengalami kondisi yang kurang menguntungkan. Laju pertumbuhan ekonomi yang lambat dan pendapatan perkapita tertinggal. Pergerakan jalur transportasi yang terhambat antara Provinsi Jawa Timur dan Pulau Madura membuat pembangunan Jembatan Suramadu dinilai penting dan strategis untuk perkembangan Pulau Madura di masa yang akan datang. Dengan Jembatan Suramadu, yang akan menghubungkan Surabaya dengan Pulau Madura melalui jalan darat diharapkan dapat mereduksi waktu tempuh sehingga perkembangan Pulau Madura diharapkan dapat menjadi kawasan ekonomi yang berkembang seperti Pulau Batam dan lainnya yang telah maju.

Jembatan Nasional Suramadu adalah jembatan yang melintasi Selat Madura, menghubungkan Pulau Jawa (di Surabaya) dan Pulau Madura (di Bangkalan, tepatnya timur Kamal), Indonesia. Dengan panjang 5.438 m, jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia saat ini. Jembatan Suramadu terdiri dari tiga bagian yaitu jalan layang (causeway), jembatan penghubung (approach bridge), dan jembatan utama (main bridge). Pembangunan Jembatan Suramadu ini diselesaikan selama 6 tahun. Tepatnya, dimulai dari Breaking Ground pada tanggal 20 Agustus 2003 yang dilakuakan oleh Presiden Megawati Soekarnoputri yang menjabat Presiden pada saat itu. Dan diresmikan oleh Presiden SBY pada tanggal 10 Juni 2009. Biaya yang dikeluarkan untuk pembangunan jembatan ini berkisar 4,5-5 Triliun Rupiah.

Transportasi merupakan bagian penting untuk dapat menimbulkan dampak pergerakan orang ataupun barang. Pergerakan jalur transportasi yang terhambat membuat pembangunan jembatan Suramadu dinilai penting sebagai pembuka awal. Dengan Jembatan Suramadu, yang akan menghubungkan Surabaya dengan Pulau Madura melalui jalan darat, diharapkan ketimpangan sosial dapat segera direduksi. Arus transportasi yang cepat dan efektif akan membuat perkembangan Madura segera melejit bersaing dengan daerah-daerah lain. Tata wilayah dan tata guna lahan juga akan terbentuk secara proporsional.­ Kawasan jembatan Suramadu memiliki potensi sebagai generator pembangkit, namun apabila tidak dikendalikan maka diprediksi akan membawa pengaruh perubahan terhadap pengembangan wilayah di kawasan Kawasan Kaki Jembatan Suramadu dan sekitarnya baik pada sisi Surabaya maupun Bangkalan. Fenomena perubahan tersebut dapat terlihat antara lain dengan menurunnya fungsi bangunan dan kualitas lingkungan. Disinilah pentingnya suatu perencanaan melalui suatu konsep penataan bangunan yang terpadu dengan mempertimbangkan berbagai aspek yang terkait antara lain pertimbangan ekologi, ekonomi, sosial budaya dan regional, supaya dapat menghasilkan suatu wajah kawasan yang terkendali dan dapat menunjukkan jati dirinya.

2. Dampak Proyek Jembatan Suramadu
Pertumbuhan ekonomi menjadi kunci penting dalam perkembangan sebuah wilayah. Propinsi Jawa Timur dengan jumlah penduduk mencapai 33 juta jiwa, menjadi salah satu propinsi dengan kerapatan penduduk yang padat. Di Madura, umumnya kegiatan ekonomi masih bertumpu pada sektor pertanian primer (tanaman pangan, peternakan, perikanan, perkebunan dan kehutanan). Artinya pertanian atau sektor tradisional menjadi sektor andalan yang nampak dari perolehan PDRB terbesar dibandingkan sektor lain. Sektor lainnya adalah pertambangan dan penggalian, industri pengolahan, listrik, gas, air bersih, bangunan, perdagangan, hotel, restoran, angkutan, pos, komunikasi, keuangan, persewaan, dan jasa perusahaan.
Dengan dioperasikannya jembatan Suramadu, maka arus urbanisasi diharapkan bisa ditekan. Meningkatnya jumlah penduduk di Madura juga akan merangsang naiknya permintaan barang dan jasa. Selanjutnya akan merangsang meningkatnya kegiatan perekonomian, berkembangnya usaha di sektor pertanian, industri, perdagangan, jasa dan meningkatnya arus barang masuk ke Pulau Madura. Dengan semakin lancarnya arus lalu lintas berarti menghemat waktu dan biaya. Dengan lancarnya arus transportasi, pembangunan menjadi lebih lancar.

Lancarnya transportasi adalah prasyarat lancarnya pembangunan, apalagi Indonesia merupakan negara kepulauan. Permasalahan perekonomian yang dihadapi bangsa ini sangat kompleks, antara lain karena letak antara pulau satu dengan pulau yang lainnya sangat berjauhan. Pembangunan tidak merata. Mau tidak mau, pemerintah harus menyelesaikan permasalahan akar ini, yaitu ketimpangan pembangunan dan perekonomian di berbagai wilayah Indonesia. Walau tak bisa dipungkiri dampak buruk selalu menyertai setiap proses. Namun tentu tak sebanding dengan kebaikan dan kemanfaatan yang diperoleh.

Sebelum dibangunnya Jembatan Suramadu, secara berturut-turut kabupaten yang terbanyak penduduknya adalah Sumenep, Bangkalan, Sampang, dan Pamekasan. Ternyata Kabupaten Bangkalan merupakan kabupaten yang menerima kelimpahan penduduk paling tinggi dibanding 3 kabupaten lainnya. Pada tahun 2035 atau setelah 30 tahun dibangunnya Jembatan Suramadu, maka jumlah penduduk di Kabupaten Bangkalan berjumlah 2,79 juta jiwa atau hampir dua kali lipat (98,98%) dibanding pertumbuhannya tanpa jembatan (1,40 juta jiwa). Dalam keadaan tersebut, tingkat pertumbuhan rata-rata per tahun berkisar antara 2,02% – 3,16%. (Rubiyantoro, Yohan, Suramadu Pacu Pertumbuhan Ekonomi Madura.

Semakin lancarnya transportasi ternyata akan meningkatkan kegiatan ekonomi yang selanjutnya akan meningkatkan pertumbuhan. Income per kapita merupakan salah satu indikator untuk mengukur tingkat kesejahteraan masyarakat. Sebelum dibangunnya Jembatan Suramadu, secara berturut-turut kabupaten yang tertinggi income per kapitanya adalah Kabupaten Bangkalan, Sumenep, Sampang, dan Pamekasan. Namun, sejak adanya jembatan Suramadu secara berturut-turut kabupaten yang tertinggi income per kapitanya adalah Kabupaten Bangkalan, Sumenep, Pamekasan, dan Sampang. Jika income per kapita dibandingkan dalam keadaan dengan dan tanpa Jembatan Suramadu, maka income per kapita rata-rata per tahun di Bangkalan adalah akan bertambah sebanyak 93,63%, Pamekasan (48.68%). Sampang (42,57%) dan Sumenep (20,03%). (Rubiyantoro, Yohan, Suramadu Pacu Pertumbuhan Ekonomi Madura. Sesudah dibangunnya Jembatan Suramadu, secara berturut-turut kabupaten yang tertinggi income per kapitanya adalah Kabupaten Bangkalan, Sumenep, Pamekasan, dan Sampang. Berbagai dampak yang diakibatkan oleh pembangunan jembatan Suramadu. Dari dampak positif yang menguntungkan masyarakat Madura, ataupun dampak negative yang diperkirakan merugikan masyarakat Madura.

3.  Dampak Positif Proyek Jembatan Suramadu

1. Kelancaran Lalu Lintas
Manfaat langsung dari pembangunan Jembatan Suramadu adalah meningkatnya kelancaran arus lalu lintas atau angkutan barang dan orang khususnya dalam menghubungkan pulau Madura dan pulau Jawa. Dengan semakin lancarnya arus lalu lintas berarti lebih mengefisiensikan waktu dan biaya.

2. Pertumbuhan Income Perkapita
Semakin lancarnya transportasi ternyata akan meningkatkan kegiatan ekonomi yang selanjutnya akan meningkatkan pertumbuhan. Income per kapita merupakan salah satu indikator untuk mengukur tingkat kesejahteraan masyarakat.

3. Meningkatnya Indeks Pembangunan Manusia Masyarakat Madura
Tiap tahun, IPM di empat kabupaten Madura terus alami kenaikan. Pada tahun 2012, IPM kabupaten Bangkalan 65.69 naik 1,94 persen dibandingkan tahun 2011, Kabupaten Sampang memiliki nilai IPM 61,67 naik sebesar 2,27 persen, untuk Kabupaten Sumenep nilai IPM pada 2012 sebesar 66.41 dengan kenaikan sebesar 1.18 persen. Kenaikan tertinggi dicapai Kabupaten Pamekasan, yakni 66,51 naik sebesar 2,98 persen.


No comments:

Post a Comment